Simulasi Kelulusan (Nilai Akhir) UN SMP-SMA-SMK Tahun 2013/2014

  • Ujian Nasional tahun 2013/2014 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penentuan kelulusan Ujian Nasional tetap ditentukan oleh Nilai Akhir (NA) dimana Rumusan  NA merupakan gabungan dari 60% Nilai Ujian Nasional dan 40 % Nilai Sekolah (NS) untuk Mata Pelajaran yang diujinasionalkan.Siswa dinyatakan Lulus Ujian Nasional jika memiliki Rata-rata NA minimal 5,5 dan tidak ada Nilai dibawah 4,0 utuk Mapel yang di-UN-kan. Rumusan NA dapat digambarkan dalam diagram berikut :

Gambar

  • Yang berbeda dengan tahun sebelumnya adalah Nilai Sekolah (NS) merupakan gabungan dari 30 % Nilai Ujian Sekolah dan 70 % Nilai rata-rata raport (semester 1-5 untuk SMP dan SMK serta semester 3-5 untuk SMA). Jadi disini siswa lebih diuntungkan dan lebih dihargai dari prestasi belajar sehari-hari yang tertuang dalam nilai-nilai raport. Jadi sekolah melaksanakan ujian sekolah untuk semua mata pelajaran, serta menyusun bahan US/M berdasarkan ketentuan kurikulum yang berlaku. Dari uraian diatas sekolah perlu mempersiapkan hal-hal sebagai berikut :
  • Menyusun daftar kolektif Nilai Sekolah yang memuat Nilai Rata-rata Semester dan Nilai Ujian Sekolah. Format Daftar Kolektif Nilai Sekolah ini sudah tersedia dalam format exel (bisa diunduh di laman ini). Dengan daftar ini nantinya sekolah sudah memiliki gambaran nilai rata-rata semester.
  • Melakukan simulasi perhitungan kelulusan untuk menganalisis dan memprediksi nilai akhir siswa, sehingga sekolah memperoleh gambaran target Nilai Ujian Sekolah dan Nilai Ujian Nasional yang harus di capai siswa
  • Melakukan begah kisi-kisi UN dan menganalisis hasil Ulangan Akhir Semester (UAS) dan hasil Ujian Sekolah. Untuk memperoleh data tentang indikator dan Kompetensi Dasar (KD) yang belum tuntas atau belum dipahami dengan baik oleh siswa, khususnya indikator dan KD yang sesuai dengan Kisi-Kisi UN

Untuk membantu sekolah dalam melakukan analisis dan prediksi kelulusan, kami sediakan program simulasi perhitungan kelulusan dam format exel  sederhana.

(sumber : http://dikmenbangkalan.wordpress.com)