Road Story “FILM INDIE “

Jum’at, 28 Maret 2013

Hujan deras sore itu mengguyur kampus Venus (SMP Muh. 17 Plus), sejak  jam 14.00 WIB sampai jam 15.00 WIB  tidak menyurutkan niat para crew film indie untuk melakukan perjalanan ke Kota Kediri. Dua armada mobil siap menghantarkan perjalanan pembuatan film perdana versi anak-anak venus yang dipersiapkan khusus untuk mengikuti lomba tingkat Jawa Timur. Sebanyak 10 anak dari kelas 8 ( 6 orang Aktor dan 4 orang crew ), 3 orang guru ( 1 pembina dan 2 orang sebagai pembantu umum) dan 2 orang kameraman (Wali murid kelas 9) tepat pukul 15.30 (usai jamaah sholat ashar) rombongan memulai perjalanan ke kota kediri. Jalanan macet merupakan hambatan tersendiri, tertahan selama 2 jam akhirnya rombongan bisa lepas dari keruwetan jalan Surabaya – Mojokerto.

Dua kendaraan melaju cukup santai menuju arah Kediri, canda tawa anak-anak kerap kali terdengar di dalam mobil, melihat situasinya mereka sangat menikmati perjalanan. Waktu di dashboard mobil menunjukkan pukul 21.00 tepat dan memasuki rumah penginapan sekaligus arena syuting. Rombongan selama 40 menit istirahat sejenak, dan malam itu juga anak-anak bersama crew mulai menyiapkan segala sesuatunya untuk melakukan syuting dengan beberapa adegan, dan tepat pukul 24.00 WIB berakhir. Wajah sayu, capek dan ngantuk bercampur jadi satu, makan malam yang telah lama disiapkan oleh tuan rumah langsung dilahap bersama-sama.

Sabtu, 29 Maret 2013

Jam 08.00 WIB usai makan pagi anak-2 kembali malakukan beberapa adegan syuting di halaman penginapan yang merupakan wilayah terdampak letusan Gunung Kelud. Perjalanan dilanjutkan dengan adegan di area persawahan yang membentang indah dengan dibelah oleh sungai kecil dengan aliran cukup deras.

Sengatan matahari pukul 09.30 hingga pukul 12.30 begitu menantang kekuatan para pemaian, kameraman dan crew film, dengan wajah nyengir sebagian besar crew cewek berusaha mencuri tempat berteduh di tengah rindangnya pepohonan sekitar pematang sawah.

Tak kenal lelah, luar biasa begitu semangat anak-anak untuk menuntaskan syuting di lokasi Stasiun Kereta Api Susuhan Kediri, lalu lalang kereta api begitu menghibur wajah anak-anak. Adegan dilakukan secara marathon hingga tanpa sadar batteray kameraman kehabisan, ealaahhh guman anak-anak.

Sholat dan istirahat sejenak di penginapan di manfaat benar oleh anak-anak untuk melepas lelah dan kepenatan, canda tawa dan saling menyindir tentang kesalahan beberapa adegan oleh para aktor dipakai untuk saling meledek. Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB, rombongan bergegas untuk melanjutkan kembali perjalanan, sambil pamit dan mengucapkan terima kasih pada pemilik penginapan rombongan mencari tempat terbaru untuk adegan akhir di kota Kediri. Hamparan sungai dan sawah yang menguning dengan sinar matahari sore menambah lokasi itu dijadikan tempat untuk syuting adegan akhir.

Pukul 17.00 WIB rombongan mengakhiri syuting di Kota Kediri dan kembali ke Kota Pahlawan untuk adegan lebih lanjut di kampus venus Selasa, 1 April 2014. Rombongan tiba dengan selamat di Kampus tercinta pukul 21.00 WIB dengan kondisi para crew dan pemain telah dihantarkan kerumah masing-masing.

Selasa, 1 April 2014

Mulai pagi anak-anak sudah berkumpul di halaman sekolah, pukul 10.00 WIB syuting akhir di mulai. Beberapa adegan mengambil beberapa lokasi diantaranya halaman, teras samping, kelas dan ruang kampus baru (Kampus II) dan syuking pembuatan film indi berakhir pukul 13.30 WIB. Raut muka bahagia dan puas terpancar di raut muka anak-anak, celetuk diantara mereka, “Ternyata bikin film itu susah ya ??? tapi asyik kata beberapa teman lainnya.