Sejarah Singkat

SMP Muhammadiyah 17 merupakan lembaga Pendidikan menengah umum yang diselenggarakan dibawah naungan Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung Kota Surabaya, yang berlokasi di jalan Gogor gang 4 no. 8 Kelurahan jajartunggal Kecamatan Wiyung.

          SMP Muhammadiyah 17 didirikan pada tanggal 29 juli 2008 oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah wiyung dengan nomer SK Pendirian Sekolah : 420/3429.I/436.5.6/2008 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Pendirian SMP Muhammadiyah 17 tersebut atas dorongan dan permintaan masyarakat setempat dan juga untuk menampung lulusan SD Muhammadiyah 15 yang telah berdiri sebelumnya dan berlokasi dalam satu kompleks.

          Mulai tahun 2019 SMP Muhammadiyah 17 mencoba menuangkan konsep Sekolah Islam berkarakter dengan tujuan untuk berusaha menyeimbangkan antara outcome siswa dengan output siswa.  Konsep dasar Sekolah Islam berkarakter yang kita tuangkan terdiri dari tiga pilar, yaitu : Pembentukan Moral , Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Kebermaknaan Pembelajaran.

          Dalam Pembentukan Moral ditekankan pembiasaan dan pendampingan. Pertama, memasukkan konsep moral pada setiap kegiatan pembelajaran dengan cara: a) Menanamkan nilai kebaikan kepada anak b) Menggunakan cara yang membuat anak memiliki alasan atau keinginan untuk berbuat baik c) Mengembangkan sikap mencintai perbuatan baik  d) Senantiasa melaksanakan perbuatan baik. Kedua, membuat slogan-slogan yang mampu menumbuhkan kebiasaan baik dalam segala tingkah laku masyarakat sekolah. Ketiga, pemantauan secara kontinyu atau pendampingan guru setiap saat. Pemantauan ini meliputi perilaku, kosep diri anak, dan motivasi. Keempat, pendampingan orang tua di rumah dengan memberikan penilaian terhadap perilaku anak di rumah. Selanjutnya dikonsultasikan dengan guru di sekolah.

            Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk, penekanan dalam hal memberikan peluang kepada setiap anak untuk mengembangkan setiap kecerdasan yang dimilikinya, dikarenakan setiap anak tidak ada yang bodoh, tetapi memiliki kecerdasan tertentu di dalam dirinya yang perlu dikembangkan untuk menjadi sebuah prestasi dan kesuksesan anak.