Tujuan :
Membekali siswa dalam kemampuan, keterampilan dan perilaku yang harus dikuasai, dihayati, oleh peserta didik dalam membaca Al -Quran, menulis dan menghafalkannya.
Manfaat :
- Meningkatkan pengetahuan siswa membaca dan menulis Al Qur’an
- Meningkatkan makharijul huruf
- Meningkatkan kemapuan siswa tentang ilmu tajwid
Ruang Lingkup :
a) Tingkat Iqra 1
Kompetensi Membaca :
Pelajaran pada jilid 1 ini seluruhnya berisi pengenalan bunyi huruf tunggal berharokat fathah
Kompetensi Menulis :
peserta didik mampu menulis huruf tunggal dengan benar
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, Target Hafalan : Surat An-Nas-Al-Kafirun
b) Tingkat Iqra 2
Kompetensi Membaca :
Pada jilid 2 ini diperkenalkan dengan bunyi huruf-huruf bersambung berharokat fathah. Baik huruf sambung di awal, di tengah maupun di akhir kata
Kompetensi Menulis :
Peserta didik mampu menulis huruf tunggal dan bersambung dengan benar
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, Target Hafalan : Surat An-Nas-Al-Humazah
c) Tingkat Iqra 3
Kompetensi Membaca :
Pada jilid 3 ini barulah diperkenalkan bacaan kasroh, kasroh dengan huruf bersambung, kasroh panjang karena diikuti oleh huruf ya sukun, bacaan dhommah, dan dhommah panjang karena diikuti oleh wawu sukun
Kompetensi Menulis :
Peserta didik mampu menulis huruf tunggal dan bersambung dengan benar
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, Target Hafalan : An-Nas-Al-Zalzalah
d) Tingkat Iqra 4
Kompetensi Membaca :
Pada jilid 4 diawali dengan bacaan fathah tanwin, kasroh tanwin, dhommah tanwin, bunyi ya sukun dan wawu sukun, mim sukun, nun sukun, qolqolah dan huruf-huruf hijaiyah lainnya yang berharokat sukun
Kompetensi Menulis :
Peserta didik mampu menulis huruf tunggal dan bersambung dengan benar
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, Target Hafalan : An-Nas-Asy-Syarh
e) Tingkat Iqra 5
Kompetensi Membaca :
Isi materi jilid 5 ini terdiri dari cara membaca alif-lam qomariah, waqof, mad far’i, nunsukun/tanwin menghadapi huruf-huruf idzghom bighunah, alif-lam syamsiyah, alif-lam jalalah, dan cara membaca nun sukun/tanwin menghadapi huruf-huruf idzghom bilaghunah
Kompetensi Menulis :
Peserta didik mampu menulis huruf tunggal dan bersambung dengan benar
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, Target Hafalan : An-Nas-Al-Fajr
f) Tingkat Iqra 6
Kompetensi Membaca :
Isi jilid ini sudah memuat idzghom bighunnah yang diikuti semua persoalan-persoalan tajwid. Pokok pelajaran jilid 6 ini ialah cara membaca nun sukun/tanwin bertemu huruf-huruf, cara membaca nun sukun/tanwin bertemu huruf-huruf iqlab, cara membaca nun sukun/tanwin bertemu huruf-huruf ikhfa, cara membaca dan pengenalan waqof, cara membaca waqof pada beberapa huruf/kata yang musykilat dan cara membaca huruf-huruf dalam fawatihussuwar.
Kompetensi Menulis :
Peserta didik mampu menulis huruf tunggal dan bersambung dengan benar
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, Target Hafalan : AN-Nas-Al-Buruj
g) Tingkat Tahfidh
Kompetensi Membaca :
Pelajaran pada level tahfidz, siswa sudah mampu membaca dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar.
Kompetensi menghafal:
Peserta didik Mampu menghafal sebagian Juz 30 dengan lancar, jelas dan Tajwid yang benar, peserta didik difokuskan pada hafalan juz 20-29
Pembagian kelas Baca Tulis Al – Quran (BTQ) berdasarkan membaca dan hafalan Al – Qur’an, sehingga dalam 1 kelas berisi siswa dari berbagai jenjang. Baca Tulis Al – Quran (BTQ) dilaksanakan 1 minggu sekali dan dijadwalkan pada hari Rabu, pukul 12.50 WIB sampai dengan 14.10 WIB.