Surabaya, KLIKMU.CO – SMP Muhammadiyah 17 Surabaya (Spemjitu) langsung menggelar halalbihalal pada hari pertama masuk sekolah seusai libur Lebaran, Senin (22/4/2024).

Kegiatan dimulai dengan rutinitas seperti biasa, yaitu shalat Dhuha berjamaah. Setelah itu dilanjutkan dengan dengan halalbihalal. Halalbihalal berarti maaf-memaafkan yang biasa dilaksanakan setelah bulan Ramadhan atau saat Idul Fitri.

“Pada hari ini, hari pertama kali kita masuk dan memulai pembelajaran setelah melalui satu bulan Ramadhan,” ujar Kepala SMP Muhammadiyah 17 Surabaya Hidayat mengawali sambutannya.

Kegiatan dilaksanakan dengan cara bersalaman dengan para guru SMP Muhammadiyah 17 Surabaya. Mengucapkan taqbbalallahu minna wa minkum taqqbal ya karim yang berarti semoga Allah menerima (amal) dari kamu dan dari kalian, terimalah ya Yang Maha Mulia.

“Semoga Allah memberikan izin kepada kita untuk bulan Ramadhan ke depannya. Hal buruk yang mungkin kita lakukan kepada orang lain, kita dapat saling meminta maaf dan memaafkan agar tidak ada dendam,” imbuh Hidayat.

Menurut dia, kegiatan halalbihalal ini bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi antara guru, siswa, dan tenaga kerja yang lain.

“Kami harap dengan kegiatan ini dapat mengajarkan siswa untuk meminta maaf jika ada kesalahan, tidak hanya meminta saat Lebaran saja,” ujar Hidayat.

(Aurellia/AS)

Sumber : Klikmu.co

Halalbihalal Spemjitu, Kepala Sekolah Ajak Saling Minta Maaf dan Memaafkan